Barang dan Kamera yang wajib dibawa saat travel?




Kalau ditanya, traveling ala saya itu random banget. Kalau dulu emang sih, backpackeran banget. Uang dibawa secukupnya, bawa tas ransel super gede, terus nggak ada ceritanya bawa kamera. Kalau baju kurang, ya cuci sendiri dalam perjalanan. Ya wajar aja sih karena biasanya saya jalan-jalan itu memakan waktu yang lumayan lama dibandingkan orang kebanyakan. Saat itu saya rata-rata menghabiskan waktu diatas dua minggu hingga satu bulan setiap perjalanannya. Bahkan, saya pernah traveling selama enam bulan! Tapi kalau boleh jujur, malah traveling lama seperti itu persiapannya malah kurang, karena saat itu anggapan saya bukan jalan-jalan, tapi pindah domisili sementara lalu  sekalian muter-muter.

Zaman dulu setelannya gini nih.

Tapi semakin kesini, otomatis semuanya berubah. Sekarang karena jalan-jalan udah jadi kegiatan, penggenya rada nyaman dikit. Kadang ransel diganti sama koper. Baju sekarang lebih variatif disbanding dulu hanya pakai kaos oblong saja. Dan sekarang wajib banget bawa kamera, plus drone. Rugi udah jalan kemana-mana tapi gak ada dokumentasi yang bagus. Tetapi perjalanan kali ini lebih masuk akal durasinya. Rata-rata saya traveling maksimal hanya dua mingguan saja. Satu minggu sudah cukup. Sepertinya kalau mau berbulan-bulan lagi, bisa-bisa panjang urusannya ntar. Udah jadi bapak-bapak mah mana bisa….

Udah bapak-bapak, begini deh.

Hingga sekarang, masih banyak teman-teman yang bertanya “Lo kalau traveling bawanya apa aja sih? Kok kalau bawaannya simple, tapi bagus aja di foto? Oh iya kamera apa yang dipake, apa nggak berat?” dan masih banyak pertanyaan lainnya. Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya membuat dua artikel tentang apa saja yang perlu dibawa saat travelling. Yang pertama adalah Simple Travelling Set yaitu tentang delapan barang penting yang akan memudahkan perjalananmu, dan Photography Backpacking Set yaitu tentang peralatan fotografi terbaik dengan budget yang terbatas. Sila cek pada link di atas ya.

Nah dengan memadukan dua hal yaitu perjalanan yang simple dan gear fotografi yang tepat, kamu bisa memaksimalkan perjalanan kamu sepenuhnya tanpa harus ribet mikirin apa aja yang kudu dibawa dan gear kamera yang harus dipake. Semoga bermanfaat!







0 comments:

Post a Comment