Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Traveling dengan Kapal Pelni!

"Kapal Pelni apaan sih?"

"Kapal yang nyebrang dari Banyuwangi ke Bali itu ya?"

"Bukan, itu mah ASDP.."

"Jadi, yang mana dong?"

Kapal Pelni?


Banyak pertanyaan kepada kami, “Min, gimana caranya sih ke Raja Ampat/Flores/Ambon biar bisa murah? Naik apa?”
.
Ternyata, masih banyak teman-teman kita yang belum tau, atau mungkin sudah tau tapi belom pernah mencoba yang namanya naik kapal penumpang yang beroperasi di seluruh Indonesia, yaitu kapal PELNI. Apa tuh min kapal PELNI?

Kapal Pelni adalah kapal khusus penumpang yang melayani pelayaran antar pulau antar provinsi. Kamu bisa naik kapal pelni dari Ujung Barat hingga ke Timur lho! Dari Aceh hingga Merauke! Wow! Kapal Favorit Yudmin ini kalau mau berpergian jauh!

Kapal Pelni yang biasanya memiliki jadwal berangkat seminggu sekali ini memiliki banyak trayek. Kamu bisa cek langsung trayeknya dari web nya yaitu pelni.co.id. Nah, dalam kapal Pelni pun memiliki kelas kamar, dari mulai kelas 1, kelas 2, hingga ekonomi. Dengan harga yang lumayan beda jauh hehe.

Kelas 1 kamu dapat kamar yang di isi 2 orang, kelas 2 biasanya 4 orang. Nah yang edan yang kelas ekonomi. Kamu bakalan buru-buru masuk kapal untuk dapatin tempat tidur ekonomi karena pasti penuh banget! Kalaupun kamu nggak dapat, kamu bisa membeli tikar karung, seharga 10ribu untuk tidur di lantai kapal. Ya di lantai. Banyak kok yang melakukan hal yang sama.

Tetapi yang perlu diperhatikan, waktu tempuh. Waktu perjalanan dengan kapal laut jauh lebih lama dibanding kamu naik pesawat. Dan biasanya biaya ngopi lebih besar. Tapi tenang aja, tiket udah include makan 3x. Makan ala Pelni. Jadi kalau mau jalan-jalan ke Raja Ampat dari Jakarta? Naik Kapal Pelni aja! Gak sampai sejuta kok! Tapi ya 5 hari di kapal!


Edan itu kapal gede bener!

Mau tidur enak? Kalau kamu pilih kelas 1 atau 2, semua aman. Pasti dapat kasur. Tapi kalau kelas ekonomi, kamu harus berebutan untuk dapatin kasur. Kalau nggak dapat, kamu ngemper di lantai kapal pakai tikar yang dijual 10ribu rupiah. Banyak juga calo yang jualan kasur seharga 25ribu rupiah.Pelni Food. Nah ini kalau kamu beli tiketnya secara legal, kamu bakal dapat makan 3x sehari. Untuk kelas 1-2 okay mantap. Tapi untuk ekonomi kamu harus ngantri. Dan kamu yang gampang bosen sama makanan yang itu-itu aja mending bawa abon atau orek tempe. Makannya ikan terus kalau nggak telur dadar yang dipotong seperlima. Sayurnya sayur bening. Seadanya. Cukup banyak yang mengeluh masalah makanan ekonomi di Pelni. Tapi Yudmin sih hajar aja lapar soalnya. Bahkan suka dapat lebih karena banyak orang yang nggak ngambil jatahnya.

Cost Pelni. Kalau ngobrolin cost, kapal Pelni jauh lebih murah. Bayangin aja kamu bisa naik kapal dari Jakarta sampai Sorong Papua ga sampe satu juta (kalau nggak salah, belom cek lagi). Tapi harus diperhatikan biaya ngopi di kapal. Selama di kapal kamu pasti nongkrong di dek paling atas sambil ngopi ataupun makan nasi ayam yang mahal karena bosan sama makanan kapal. Belom lagi yang merokok, pasti bablas. Waktu tempuhnya bisa berhari-hari kan.

Destinasi tambahan! Yap! Dengan kapal Pelni, kamu bisa mendapatkan destinasi tambahan. Misalnya kamu dari Labuan Bajo NTT terus ingin ke Bitung Sulawesi Utara. Selama perjalanan, kapal bakal transit di Bau-Bau, Pulau Buru, Ambon, dan Ternate (tergantung rute). Biasanya ada jeda beberapa jam. At least kamu udah pernah injak pulau keren itu kan? Bonus destination!



Suasana didalam kapal Pelni. Merakyat gan!
Tips n Trik! Jangan lupa membawa kartu remi untuk bermain bersama teman-temanmu. Kamu wajib bersosialisasi dengan orang banyak disana, kalau dulu Yudmin sering banget dapat makanan tambahan gratis karena sering ngobrol dan dapat tumpangan tempat tinggal di destinasi akhir nanti. Yuhuuuu!


Mau nyaman? Kamu juga bisa menyewa kamar ABK dengan harga ya pinter nawar kamu aja. Kamu dapat kasur pastinya, dan ruangan yang enak untuk tidur. Hati-hati copet! Banyak yang lapor kehilangan apalagi di dek ekonomi. Setiap berhenti didermaga, bakalan masuk ribuan pasukan porter yang ingin bantu ngangkat barang-barangmu. Nah tahap ini kamu harus hati-hati, perhatikan barangmu. Bawa popmie atau air mineral. Kamu bisa ambil air panas secara cuma-cuma di kapal. Masak popmie bisa sepuasnya lho.

Kalau bosan, bisa nonton film plus-plus di Bioskop (you know what i mean) atau keliling antar Dek. Yudmin sering ketemu sama para backpacker lainnya saat keliling antar dek dan saling tegur, belom lagi kalau ketemu cewe-cewe yang super manis. Rasanya pengen dibawa saat itu juga, masa jalan-jalan sendiri aja sih. Kalau udah dapat jodoh dikapal, wajib naik bareng doi ke dek paling atas menjelang Sunrise dan Sunset. Serius, indah banget sunrise sunset kalau dilihat dari atas kapal. Seperti telur mata sapi yang bulat banget. Wajib banget! Siapa tau dapat pelukan hangat. Mantap!

Mengenai rute, kamu bisa cek langsung semua rutenya di pelni.co.id ! Jadi nggak bingung lagi kan untuk traveling? Sebenarnya masih ada beberapa jenis kapal lagi yang bisa kamu tumpangi, yakni Kapal ASDP dan Kapal Perintis. Nanti Yudmin akan bahas. Kalau kamu nekat, bisa juga numpang kapal Kargo yang searah dengan jalurmu. Berani?







7 comments:

  1. Kalau dari jambi ke raja ampat berapa tiket kapal pelni. Bisa 2 juta ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. muahahaha dari Jambi gak ada.... kew Surabaya aja dulu cuma 650 ribu...

      Delete
  2. Keren.ngefans bgt dgn catatan backpacker. Cara penulisannya enak di baca, informasinya lengkapnya, serasa pingin di praktekin semua apa yg sedang kalian bahas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Siska! Terima kasih apresasinya.. sayang ya kemaren kita gagal jalan bareng...

      Delete
  3. Pernah dinas di Pelabuhan Tenau Kupang dimana kapal - kapal pelni bersandar untuk menaik turunkan penumpang. Sejak saat itu pengen banget ngerasain naik Kapal Pelni, pengen ngerasain poin - poin yang ada di artikel ini. Sanggup ga ya?

    ReplyDelete
  4. Harga2nya donk, mulai kls 1 smpe yg ekonomi

    ReplyDelete
  5. min, ada gak tips apa aja yang bisa dilakukan di kapal selama perjalanan kurang lebih 2 hari selain main kartu atau ngeliat sunrise di atas dek?

    ReplyDelete