Traveling berbulan-bulan, Apa Rasanya?

Traveling berbulan-bulan, apakah akan sepi seperti dermaga ini?

Banyak temen-temen yang bertanya di Instagram "Rasanya traveling berbulan-bulan itu gimana sih? Terus ngapain aja?" Nah, mending sharing nih, berhubung banyak juga temen-temen yang mau nyobain solo traveling, bahkan udah ada beberapa teman yang hingga sekarang masih traveling. Edan!

Rasanya jalan-jalan berbulan-bulan sendirian itu campur aduk. Dari senang, sedih, asam, pait, capek, kangen, nano-nano pokoknya. Ada disaat kamu merasa beruntung banget, tapi kadang ada saatnya kamu merasa “kok hari ini sial melulu yak?” . Malahan kadang bingung, ini saya ngapain sih? Jalan-jalan kayak orang lupa rumah. Apa jangan-jangan nggak punya rumah? Duh!

Awalnya, jujur merasa sedikit pesimis. Apakah bisa saya meninggalkan rumah dalam waktu lama? Apakah saya akan masih punya umur untuk pulang? Apakah saya bisa mendapatkan “sesuatu” yang saya cari selama perjalanan saya? Terus nanti mau ngapain aja? Makan, jalan, tidur, repeat.

Mimpi saya sih mengeliling 34 provinsi di Indonesia sebelum berumur 25 tahun.

Biasanya, perjalanan panjang mengusung suatu “misi” pribadi. Yud dan Dev memiliki “misi” pribadi masing2 yang berupa alasan kenapa kita melakukan perjalanan panjang itu. Bisa dibilang jarang orang yang melakukan perjalanan panjang berbulan-bulan hanya untuk refreshing, karena sebenernya refreshing sebenarnya dengan liburan 1 minggu sudah cukup. Tapi yang melakukan perjalanan panjang pasti tidak hanya mendapatkan sekedar refreshing, tetapi sangat banyak hal yang didapat, salah satunya adalah pelajaran hidup.

Jadi dengan adanya “misi” pribadi, makanya kenapa kami bisa dibilang nekat melakukan hal diluar zona nyaman kami. Dengan melakukan sesuatu hal diluar zona nyaman, ya temen-teman pasti tau efeknya. Kamu harus mencobanya untuk mengetahui lebih jauh.

Jadi buat teman-teman yang ingin melakukan perjalanan panjang, coba dipikir apa yang akan kamu lakukan nantinya? Apa punya “misi” yang harus kamu kerjakan? Kira-kira apa yang akan kamu harapkan setelah perjalanan kamu usai? Karena perjalanan panjang bukan hanya sekedar refreshing, apalagi kamu jalan sendirian, yang pastinya bakalan menguji fisik dan mental kamu.

Keep on traveling, guys!

21 comments:

  1. Sedaaap, lanjutkan perjalananmu kak. Di tunggu cerita-cerita berikutnya.

    ReplyDelete
  2. Menarik, thanks dah ngingetin tentang tujuan dari setiap traveling. hello salam kenal dari satujam

    ReplyDelete
  3. Menarik, thanks dah ngingetin tentang tujuan dari setiap traveling. hello salam kenal dari satujam

    ReplyDelete
  4. bagus banget pengalamannya, berbulan bulan traveling, keren banget

    ReplyDelete
  5. Kalo buat cewek solo backpacker sampe sebulan aman gak ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman banget kok, aku pernah :) selamat mencoba! Hihi.

      Delete
    2. Aman kok asal kita bisa memposisikan diri. Ayo berani cobaaa.....

      Delete
  6. Kalau pas traveling sih biasa aja, tapi pas udah gak traveling kenangannya luar biasa hehehehehehehe ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. Kadang kenangannya itu masih nempel dan bikin gak bisa lupa hihi

      Delete
  7. Indonesia memang syurganya dunia dah, dimana" ada tempat yang indah yang gak bisa di temuin di belahan penjuru dunia lain macam kayak yang ini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Maka dari itu ayo traveling dan bersyukur ...:)

      Delete
  8. sangat inspiratif gan, rasaya saya juga yang sudah usia 40 tahun ini tertarik merasakan sensasi backpackeran keliling indonesia. Rasanya tidak salah sebelum meninggal kita tahu hidup di negeri yang dikenal nusantara, zamrud khatulistiwa.

    Terima kasih motivasinya, dari admin tempatwisatadibandung.info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih apresiasinya bro... tak ada yang salah dengan itu, tak ada kata telat juga. Mari berjalan, kawan. Salam kenal...

      Delete
  9. Rasanya tuh mabuk di perjalanan gan hahhaha, gak tanggung" liburannya nyampe 2 bulan apa kagak punya keluarga dirumah apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha bener sih kadang mabok dijalan kalau kelamaan juga, tapi namanya emang suka ya susah juga hihi.. sekarang sedang mencari keluarga :D

      Delete