Masih Kuliah Jalan-Jalan ?

Masih kuliah bukan berarti kantong bolong!
“Min, aku masih kuliah min! Gimana caranya sih min biar bisa jalan-jalan kaya YudDevmin? Pengen banget!”

Masa Kuliah adalah masa yang paling indah untuk jalan-jalan. Jadwal kuliah yang agak lowong dibandingkan masa sekolah, uang bulanan yang bisa kamu irit, dan kebebasan untuk kamu yang ngekost bisa jadi senjata utama kenapa traveling di masa kuliah itu asik. Tetapi selalu terbentur di masalah dana. Gimana tuh?

Cerita dulu, sebelumnya temen-temen harus tau, sekarang Yud juga masih kuliah lho. Semester sangat akhir di fakultas Teknik Geologi di Bandung. Tapi bisa jalan-jalan karena ada kemauan dan mau berusaha. Nah langkah kongkritnya gimana?

1.Kerja Sampingan.

Yup serius. Kerja sampingan. Kamu bisa melakukan kerja part time disini. Entah mungkin jaga warnet, jualan kue, atau jadi tukang translate tulisan. Kalau Yudmin dulu jualan gorengan di kampus dan jadi tourguide panggilan. Bingung mau ngapain? Di kampus malah ada yang buka usaha tukang ojek dan tulang bersih-bersih kosan. Kalau kamu mau pasti ada jalan.

2.Pangkas pengeluaranmu!

Nah ini yang biasanya suka gatel nih! Bawaannya pengen nongkrong mulu. Apalagi kalau diajak temen. Kamu harus bisa memangkas pengeluaran kamu. Nongkrong cukup malam minggu aja. Coba deh sekali nongkrong abis 100ribu. Itu bisa buat kamu naik kereta dari Jakarta-Surabaya atau one day trip snorkling di 3 Gili Lombok.

3.Berani menghargai karya kamu.

Sebenernya, anak-anak sekarang itu pintar. But mostly, ga berani menghargai karya mereka sendiri. Maksudnya? Iya gini lho. Contohnya kamu bisa ngelukis, terus kamu melukis wajah temanmu dan setelah selesai, kamu ngasih gitu aja ke temenmu secara gratis. Emang nggak salah sih itu up to you. Tapi kalau mau menilik, kamu juga belajar melukis ataupun melukisnya aja kan butuh biaya, beli canvas+cat, belum capeknya. Coba deh hargai karya kamu. Teman-teman pasti akan memaklumi. Yudmin juga gitu, makanya kenapa bisa nabung dari hasil tukang service laptop keliling dan menjadi web designer panggilan. Punya skill? Jual! Ga punya skill? Ikut UKM! Belajar disana. Pasti kamu punya suatu skill yang bisa kamu jual.



Yud juga masih kuliah kok!
4.Nabung!

Setelah duit kekumpul dari usaha sampingan dan skill kamu, kamu harus nabung. Sisihkan aja untuk jatah travelling beberapa puluh ribu per minggu. Jangan di otak atik. Please, konsisten. Kalau bisa kaya Devmin, ada rekening tabungan khusus traveling bulanan. Yudmin juga orang yang susah nabung, tapi kalau mau pasti bisa. Ingat mimpi kamu untuk injak tempat tercantik di Indonesia!

5.Rencanakan Perjalananmu!

Nah ini juga kudu direncanain. Karena semua berhubungan dengan budget. Liburan atau eksplor kah? Landscape, budaya, sejarah, atau seni kah? Mau berapa lama? Semua nya kudu detail. Jadi kamu bisa memperkirakan pengeluaran kamu.

6.Manfaatkan status “masih” kuliahmu!

Status masih kuliah? Berarti kamu banyak diuntungkan! Biasanya zaman kuliah pasti kamu punya relasi yang banyak! Nah dari relasi itu kamu bisa mengirit nih, misalnya kamu mau ke Bali, kamu punya teman di Bali yang kenal dari Instagram, nah kan lebih irit lagi. Jadi traveling semasa kuliah itu nggak susah, dan nggak harus mahal. Paling kamu harus bisa atur waktumu kapan jadwal kosong.

Masih bingung gimana lagi caranya untuk traveling saat kuliah? Coba deh ikutan dulu sama temen kamu yang hobi traveling juga, dijamin deh kecanduan! AWAS NGGAK LULUS!!!




12 comments:

  1. min, mau tanya, klo Backpackeran gitu biasanya sendirian apa bareng teman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya saya sendirian karena lebih enak aja mau ngapa-ngapain gampang heehehe

      Delete
  2. kalo yudmin dan devmin itu solo traveller jadi biasanya sendiri

    ReplyDelete
  3. Kalau kuliah bisa mengada-ada minta uang ke otangtua haha tapi tidak boleh berbohong

    ReplyDelete
  4. Banyak kontennya.. enak bacanyaaa.. bisa lah jadi benchmark buat gue yaaa.. hahahaaaaa KECE BANG YUD!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahhaha bisa aja Don, nggaklah konten gw masih acakadut gini haha. Cus lah ajarin gue Grammar ahahaha

      Delete
  5. mumpung masih kuliah wkwkw masih bisa beli buku harga 100 rb tapi bilang ke ortu 200 rb hahahah

    keren kang ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mah keterlaluan ahahhaha tapi zaman masih kecil ada aja tendensinya gini tapi buat bayar SPP ahaahahaha

      Delete
  6. Sumpah. Ini racun bgt buat diriku. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Jadi lebih semangat utk nyisihin duit biar bisa ngtrip.

    ReplyDelete
  7. Kuliah waktu luang buat jalan-jalan tapi uang terbatas
    Kerja uang insyallah cukup tapi waktu luang sedikit :(

    ReplyDelete